Kamis, 30 April 2009

Bayiku kok kuning ya?

Ada teman sejawat yang baru punya baby kirim sms, menceritakan bayinya kuning, Jadi ide untuk bikin nulis tentang kuning-kuning ini.
Kenapa sih bayi bisa berwarna kuning?
Yang mengakibatkan bayi berwarna kuning adalah suatu zat yang disebut bilirubin. Kalau bayi berwarna kuning, berarti kadar bilirubin dalam darah bayi melebihi batas normal.
Sumber utama produksi bilirubin adalah pemecahan pigmen heme yang berasal dari sel darah merah.
Gampangnya, sel darah merah yang hancur , akan menghasilkan bilirubin yang akan mewarnai bayi anda jadi kuning. Normalnya bilirubin ini akan dibersihkan dari darah bayi di dalam hati, terus dijadikan asam empedu dan sebagian dikeluarkan di usus sebagai zat yang memberi warna feses.
Jadi birubin bisa meningkat melebihi normal bila ada peningkatan penghancuran sel darah merah, misalnya pada penyakit kelainan sel darah merah seperti thalasemia, atau ada kelainan pada sistem pembuangan bilirubin ( di hati, saluran empedu dll) misalnya pada sakit hepatitis.
Perlu diketahui, hampir semua bayi mengalami kuning pada usia tiga hari pertama. Jadi, kuning pada bayi bisa merupakan hal yang normal, dokter bilang ikterus fisiologis alias kuning yang normal. Baca di artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar