Kamis, 30 April 2009

PUTRIKU KELAS 4 SD SUDAH HAID, NORMAL TIDAK?

Normal tidak, hayo? Kalau mengacu ke definisi pubertas prekoks,
Royan said : pubertas prekoks itu pubertas dini alias anak menjadi puber lebih cepat dari seharusnya.
Kita dapati batasannya sebagai berikut, pubertas prekoks adalah perkembangan sifat seksual sekunder sebelum usia 8 tahun pada anak perempuan atau 9 tahun pada anak laki-laki.
Pada kasus di atas putri ibu itu berusia 9 tahun lebih , jadi masih dianggap hal yang normal.
Loh, kalau lebih cepat puber kenapa? Kan lebih cepat dewasa.
Yang jelas akibat dari perkembangan pubertas dini adalah badan pendek jika tidak diobati.
Kenapa bisa?
Karena, pada anak yang mengalami pubertas dini, ujung-ujung tulangnya yang merupakan lempeng pertumbuhan akan menjadi matur lebih cepat (menutup lebih dini) sehingga menghilangkan tahun-tahun pertumbuhan secara potensial.
Hal-hal apa saja yang perlu kita perhatikan pada putri atau putra kita ( anak laki-laki juga bisa pubertas prekoks loh) pada masa pubernya?
Pada anak wanita kita perhatikan perkembangan payudaranya yang merupakan tanda pertama perkembangan seksual yang normal, diikuti dengan rambut pubis(kemaluan) dan rambut ketiak. Haid pertama biasanya terjadi setelah 2 tahun setelah permulaan perkembangan payudara.
Pada anak laki-laki, pubertas biasanya dimulai antara usia 10-14 tahun. Diawali dengan pembesaran testis dilanjutkan dengan pembesaran penis diikuti dengan pertumbuhan rambut pubis.
Bila tanda-tanda pubertas di atas terjadi pada putri ibu sebelum usia 8 tahun ( kalau putra 9 tahun) nah, anda lebih baik konsul ke dokter anak anda.
Sumber : Martha Satin Smith,Pedoman Klinis Pediatri, EGC

1 komentar:

  1. Sebenarnya aku masih kecil kelas 5 sd dan aku cari di Google kenapa pas waktu kelas 4 aku sudah mens dan aku bingung, kok bisa?😂

    BalasHapus