Kamis, 30 April 2009

Kuning Pada Bayi yang Sehat

Artikel sebelumnya sudah membahas bahwa kuning pada bayi ada yang merupakan kuning yang normal, dokter bilang kuning fisiologis
Kenapa sih bisa muncul kuning yang normal pada bayi yang sehat ?
Dibawah ini ada beberapa factor yang membikin bayi baru lahir yang sehat berwarna kuning.
- Dibanding dengan orang dewasa, bayi baru lahir memiliki massa sel darah merah lebih banyak di dalam sirkulasi.
- Siklus hidup sel darah merah pada bayi baru lahir hanya dua pertiga dari siklus hidup orang dewasa, sehingga cepat hancur yang mengakibatkan produksi bilirubin ( zat yang bikin kuning. Baca artikel sebelumnya) meningkat.
- Proporsi produksi bilirubin lebih banyak berasal dari sumber noneritroid ( maksudnya, berasal bukan dari sel darah merah.) ( pada bayi baru lahir 25% sedangkan pada orang dewasa 10-15% )
- Bayi baru lahir memproduksi bilirubin sebanyak 8,5 mg/kg/hari sedangkan orang dewasa 3,6 mg.
- Sistem di hati belum sempuna, sehingga proses pembuangan bilirubin juga belum sempurna.
Nah, begitulah kenapa bayi yang sehat juga bisa berwarna kuning.
Biasanya puncak warna kuning pada bayi sehat terjadi pada hari ke-3 pada bayi cukup bulan dan pada hari ke 5 hingga 7 pada bayi premature.
Bayi yang berwarna kuning dianggap normal bila kadar bilirubin kurang dari 12,9 mg/dl jika penyebab yang lain telah dihilangkan.
Kuning yang normal tidak memerlukan terapi khusus, cukup dijemur di bawah sinar matahari pagi dan akan hilang dengan sendirinya, biasanya akan menghilang pada usia 8 hari. Kuning yang normal ini tidak memerlukan pemeriksaan laboratorium kecuali untuk menentukan kadar bilirubin.
Kenapa dokter menganjurkan untuk dijemur?tunggu artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar