Kamis, 30 April 2009

Puting Susu Lecet, apa yang harus dilakukan ?

Masalah yang paling sering terjadi pada ibu yang menyusui adalah puting susu yang lecet. Keadaan ini biasanya terjadi karena posisi bayi yang salah saat disusui. Bayi hanya menghisap pada puting karena sebagian besar areola tidak masuk ke dalam mulut bayi. Hal ini juga dapat terjadi pada akhir menyusui bila cara melepaskan hisapan bayi tidak benar. Dapat juga terjadi bila sering membersihkan puting dengan alkohol atau sabun. Jadi, ibu – ibu tidak usah membersihkan putingnya dengan alkohol atau sabun.
Puting yang lecet ini dapat menggagalkan proses menyusui oleh karena ibu jadi enggan menyusui bayinya karena merasa sakit.
Bila hal di atas terjadi, usahakan agar bayi tetap menyusui. Mulai menyusui dari payudara yang tidak sakit. Bila sakit terasa sekali, usahakan ASI tetap dikeluarkan dari payudara yang sakit untuk menghindari penumpukan ASI. Oleskan ASI pada puting yang sakit dan biarkan mengering. Pada ASI terdapat banyak zat – zat anti infeksi, tindakan ini diharapkan dapat mencegah terjadinya infeksi. Baca ASI dan anti infeksi. Bila terasa sakit sekali, minum obat penghilang rasa sakit. Yang harus diwaspadai adalah terjadinya infeksi yang ditandai dengan payudara yang membengkak dan terasa sakit sekali serta ibu merasa demam. Hubungi dokter anda bila terjadi hal yang demikian.
( Sumber : Pemberian ASI pada berbagai situasi tertentu, Rulina Suradi, FKUI-RSCM, hot topics in pediatrics II )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar