Kamis, 30 April 2009

Imunisasi Haemophilus influenza tipe b ( Hib)

Haemophilus influenza tipe b merupakan kuman penyebab meningitis dan berbagai infeksi serius yang mengancam jiwa, seperti pneumonia ( radang paru), epiglotitis ( radang epiglottis ), sepsis pada bayi dan anak. Karena itu ikatan dokter anak Indonesia menganjurkan imunisasi ini. Lihat jadwal imunisasi. Imunisasi Hib diberikan dengan jadwal tiga dosis pada bayi, kecuali vaksin Hib jenis PRP-OMP cukup 2 dosis. Jangan lupa untuk melakukan penyuntikan booster 1 kali lagi pada usia 12 – 18 bulan. Ada beberapa jenis vaksin Hib  berdasarkan jenis protein pembawanya. Jenis ini tidak usah dipersoalkan hanya mempengaruhi frekwensi pemberian saja.
 
Dan saat ini telah tersedia vaksin konjugasi kombinasi DPT-Hib, yang lebih nyaman bagi bayi karena mengurangi jumlah penyuntikan dan  berdasar penelitian, penambahan Hib pada DPT tidak menambah frekwensi dan beratnya efek samping yang dapat ditimbulkan oleh masing – masing vaksin (Gold,2000). Minta pada dokter anda untuk memakai vaksin kombinasi merupakan hal yang bijak (red)
 
Imunisasi Hib relative aman meskipun menimbulkan reaksi lokal berupa rasa nyeri dan kemerahan pada sekitar 5 – 15 % bayi.
(sumber : system imun,imunsasi,dan penyakit imun. Prof.Dr.dr. A. Samik Wahab, Spa(K). Widya Medika)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar