Rabu, 29 April 2009

Khasiat dan kandungan Jahe

JAHE (Zingiber officinale) merupakan salah satu rempah-rempah penting yang telah dikenal luas dan dimanfaatkan, antara lain sebagai bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit, kembang gula dan berbagai minuman. Jahe juga digunakan dalam industri obat, minyak wangi, jamu tradisional dan bahan minuman seperti bandrek, sekoteng dan sirop.Tanaman ini sangat mudah didapat di mana saja....dan harganya juga sangat terjangkau....

KANDUNGAN:
Jahe mengandung zat: safrol, tanin, phenil prophil acetat, karminatif, dan stomakik. Zat - zat tersebut bermanfaat untuk : mengurangi stres, melonggarkan pernapasan, menambah nafsu makan, kaki tangan berkeringat, pemecah gas dalam perut, dan memperbaiki pencernaan.KHASIAT:
Jahe sangat banyak khasiatnya...diantaranya untuk mengobati migran, pusing-pusing, dan untuk melancarkan peredaran darah agar tubuh yang loyo, kurang bersemangat, kurang bergairah, dan kurang perkasa, akan menjadi lebih kuat, bersemangat, keperkasaannya bertambah hebat. Dalam jahe merah juga mengandung minyak atsiri yang berfungsi untuk memperbaiki pencernaan, perut kembung, menguatkan lambung sehingga tidak mudah luka atau memecah gas dalam perut sehingga pencernaan menjadi normal kembali serta menambah nafsu makan.Jahe pun digunakan untuk mengobati luka karena lecet, ditikam benda tajam, terkena duri, jatuh, serta gigitan ular. Caranya rimpang jahe merah ditumbuk dan ditambahkan sedikit garam. Letakkan pada bagian tubuh yang terluka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar